Railing System RPH

RAILING SYSTEM RPH

Railing system RPH – Definisi Railing system RPH adalah sebuah jalur proses produksi sebuah daging yang dimulai dari proses penyembelihan sapi di kotak perebah hewan menuju ruangan pemotongan kemudian ruang bonning, hingga ke ruang chilling (pelayuan). Karkas yang di proses di ruangan/area ini berpindah secara berurutan dengan roller (rail dan meat hanger dengan roda).

railing system rph

Beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih sapi yang digunakan untuk sapi potong adalah :
  • Jenis sapi :

Sapi lokal yang cocok untuk sapi potong adalah sapi bali. Jenis sapi ini selain pertumbuhannya cepat juga efisien dalam penggunaan pakan, karena mempunyai kemampuan yang tinggi menyerap semua pakan yang masuk dalam perut dan ususnya. Karena itu, sapi ini sering dijuluki dengan sebutan sapi produktif.

  • Jenis kelamin :

Untuk sapi potong sebaiknya dipilih sapi jantan, karena pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan dengan sapi betina. Alasan lainnya untuk menghindari penyusutan populasi sapi betina yang masih produktif.

  • Keadaan Fisik :

Untuk sapi potong sebaiknya dipilih sapi yang sehat dan tidak terlalu kurus

  • Umur :

Dipilih sapi yang berumur antara 1-4 tahun. Sapi yang terlalu muda atau sudah tua kurang begitu menguntungkan karena pertumbuhan dan penambahan berat dagingnya relatif lambat.

  • Postur Tubuh
Postur tubuh sapi yang baik bakalan memiliki ciri sebagai berikut :
1. Kaki relattif besar dan kuat
2. Badannya panjang, bulat silindris, dan bila dilihat dari samping tampak berbentuk segi empat
3. Dada depan lebar, dalam dan menonjol
4. Kepala pendek dan dahinya relatif lebar
5. Kulit halus, bersih, supel, tidak kering dan tidak kendor

Bangunan utama Rumah Potong Hewan (RPH) terdiri dari, yang juga faktor pertimbangan Railling system RPH
1. Daerah Kotor

Tempat pemingsanan, tempat pemotongan dan tempat pengeluaran darah. Tempat penyelesaian proses penyembelihan (pemisahan kepala, keempat kaki sampai tarsus dan karpus, pengulitan, pengeluaran isi dada dan isi perut. Ruang untuk jeroan, ruang untuk kepala dan kaki, ruang untuk kulit, tempat pemeriksaan postmortem.

2. Daerah Bersih

Tempat untuk keluarnya karkas, tempat untuk penimbangan karkas, jika Rumah Pemotong Hewan (RPH) dilengkapi dengan ruang pendingin, ruang pembagian karkas , ruang pengemasan daging dan ruang pembeku, maka semua ruangan tersebut masuk ke kategori di daerah bersih.


Berikut adalah definisi daging berdasarkan SNI 3932:2008

  • Karkas

Bagian dari tubuh sapi sehat yang telah dipotong atau disembelih secara halal sesuai dengan CAC/ GL 24-1997, telah dikuliti, dikeluarkan jeroan, dipisahkan antara kaki dan kepala mulai dari tarsus/ karpus ke bawah, organ reproduksi dan ambing, ekor serta lemak yang terlihat berlebihan.


Demikian sedikit penjelasan tersebut diatas adalah beberapa faktor terbesar yang biasanya dibahas dalam Rumah Perebah Hewan (RPH). Kembali lagi ke apa yang kita mau tawarkan di awal sebuah Railling system RPH. Kami menyediakan railing system RPH, jalur perpindahan dengan rel untuk sebuah proses produksi daging sapi yang aman dan bebas dari kejatuhan. Anda bisa langsung menghubungi kami jika anda tertarik denagn Railling system RPH dan ingin mengetahui contoh jalur (rail route) supporting rolling yang kami desain. Tentu saja desain, model dan ukuran sangat tergantung pada keinginan konsumen, sebuah jalur produksi yang diharapkan. Untuk tiap-tiap lokasi berbeda. Bagi anda yang memesan, sebelum melakukan proses produksi, kami sebelumnya akan berdiskusi terlebih dahulu.

Hubungi Sekarang